ITS Berjaya di kampus ITB

Dalam rangka ulang tahunnya yang ke 60 tahun, Teknik Fisika ITB menggelar kompetisi bernama Innovation and Engineering Physics Expo (IEPE) 2010 di kampus ITB pada 4-5 November 2010. Teknik Elektro ITS melalui laboratorium Simulasi Sistem Tenaga Listrik pun mengirimkan dua tim untuk mengikuti kompetisi IEPE kategori Penghematan Energi. Keberangkatan kedua tim ini di waktu Evaluasi Bersama Tengah Semester (EBTS) tak menyurutkan semangat empat sekawan ini untuk berkompetisi. Hasil yang diraih pun tak sia-sia, ITS berhasil menyabet gelar dua juara sekaligus.

Tim Simulation yang beranggotakan Wijaya Khisbullah dan Samuel Starry Yanuar serta Tim Harmonicz yang beranggotakan Hendra Rahman dan Eko Wahyu Susilo ini mempresentasikan ide kreatifnya dalam upaya penghematan energi dihadapan juri yang berasal dari Universitas Indonesia, ITB, dan BPPT. Studi kasus yang dibahas oleh kedua tim ini memilih Teknik Elektro sebagai lokasi penelitiannya. Ide kreatif yang diusung oleh tim Simulation adalah Smart Card: Solusi Cerdas Manajemen Menuju Hemat Energi Listrik di Kampus Teknik Elektro ITS Surabaya”  sementara tim Harmonicz mempresentasikan kreativitasnya dengan judul Sistem Manajemen Energi Listrik Menggunakan Smart Relay Berbasis Web”.

Konsep Smart Card dalam sistem manajemen energi listrik menggunakan kartu dengan pita magnet sehingga setiap orang yang memiliki Smart Card dapat mengaktivasi penggunaan energy listrik di lokasi-lokasi yang telah dipasang card reader-nya. Keunggulan dari sistem Smart Card ini adalah user berperan aktif untuk memanajemen penggunaan energy listrik. Sementara itu, konsep “Manajemen Energi Berbasis Web” menggunakan sensor infra merah yang dipasang di pintu ruang kelas serta menggunakan program counter untuk operasinya.

Kompetisi ini kemudian dimenangkan oleh tim Simulation dan disusul dengan tim Harmonicz. “Kami tidak menyangka dua gelar juara di kategori penghematan energi ini dapat kami rebut semua”, ungkap Samuel yang akrab dipanggil Sammy ini. “Budaya riset terkait efisiensi dan manajemen energy perlu untuk terus dikembangkan. Kami senang karena riset tentang energy ini mendapatkan fasilitas dan bimbingan dari laboratorium dan dosen-dosen Teknik Elektro ITS”, pungkas Hendra.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *