DESAIN PARALEL LOAD FLOW UNTUK SISTEM TENAGA LISTRIK AREA LUAS (STUDI KASUS SISTEM JARING 150 KV DI JAWA TIMUR)

PENULIS    : Yulianta Siregar

Paralel load flow yang dikembangkan dalam thesis ini ditujukan untuk mempercepat perhitungan load flow pada sistem area luas. Paralel load flow menerapkan paralel mesin dengan beberapa prosesor pada pusat kontrol sistem. Desain algoritma paralel load flow memanfaatkan karakteristik komunikasi dari sistem komputasi.
Algoritma paralel load flow dikembangkan untuk mengatasi ketidaksamaan komputer dan kemungkinan keterlambatan komunikasi data. Perhitungan terdistribusi asynchronous yang dikembangkan dapat menyesuaikan terhadap keterlambatan data pada komunikasi data antara pusat kontrol di beberapa bagian wilayah.
Paralel load flow yang di usulkan menggunakan metode Newton-Raphson pada persamaan hybrid form. Diaplikasikan pada sistem jaring transmisi Jawa Timur (150 KV) yang terdiri 75 bus dan akan dibagi menjadi 2 (dua) wilayah komputasi. Hasil simulasi dengan menggunakan Matlab menunjukkan bahwa perhitungan menggunakan paralel load flow lebih cepat dari pada load flow konvensional yaitu perhitungan paralel load flow konvergen pada iterasi ke tiga sedangkan perhitungan load flow konvensional konvergen pada iterasi ke lima.

Kata kunci : Paralel load flow, Asynchronous, Newthon-Rapshon (hybrid form), Matlab.

Comments are closed