FILTER AKTIF SERI UNTUK MEMPERBAIKI POWER FAKTOR PADA SISI SUMBER MENGGUNAKAN METODA ADOPTING HYBRID CONTROL APPROACH

PENULIS    : Suratno

Penelitian  akan membahas  mengenai filter aktif seri untuk memperbaiki factor daya pada sisi sumber untuk beban motor induksi tiga phasa yang dikemudikan oleh konverter  dengan metoda Adopting Hybrid Control Approach. Seperti diketahui bahwa motor induksi yang dijalankan dengan perubahan kecepatan membutuhkan  konverter.
Dengan adanya konveter maka pada sisi input akan timbul harmonik, besarnya harmonic yang ditimbulkan akan ditekan dengan menggunakan Adopting Hybrid Control Approach. Adopting Hybrid Control Approach  menggunakan deteksi arus dan tegangan beban. Kompensasi dilakukan dengan menghubungkan filter daya aktif seri dengan beban sehingga arus dan tegangan beban dapat dideteksi  dan harmonic yang dihasilkan dapat ditekan sampai pada batas yang diijinkan. Hal ini memungkinkan karena deteksi arus dan tegangan beban dapat dilakukan secara bersamaan untuk referensi control PWM sebagai trigger inverter dengan sumber dc.
Diharapkan dengan menggunakan metoda ini power factor pada sisi sumber dapat mendekati satu dengan nilai total harmonic masih pada batas yang diijinkan, sehingga penggunaan konverter sebagai pengemudi motor induksi tiga phasa dengan kecepatan yang berubah-ubah tidak mengganggu  jaringan sumber inputnya.

Comments are closed