METODA ANFIS SEBAGAI OBSERVER TORSI BEBAN PADA PENGATURAN KECEPATAN MOTOR INDUKSI TIGA PHASA

PENULIS    : Suka Handaja Budi

Motor induksi merupakan jenis motor yang saat ini banyak digunakan pada industri karena bentuknya yang kecil, murah serta perawatannya mudah, akan tetapi untuk keperluan pengendalian terutama untuk pengendalian kecepatan, pada motor induksi sulit untuk dilaksanakan karena sifat dari motor induksi memiliki sifat dinamis yang nonlinier.
Pada motor induksi terdapat sifat coupled antara arus dan torsi. Untuk mempermudah pengendalian maka sifat coupled tersebut perlu diubah menjadi decoupled dengan cara transformasi secara vektor yang disebut dengan transformasi koordinat d-q, yaitu dengan membawa semua sifat komponen arus stator dalam sumbu d dan semua komponen torsi dalam sumbu q sehingga kita dapat dengan mudah dan bebas mengatur komponen arus maupun torsi secara terpisah.
Dengan berkembangnya teknologi elektronika dan komputer (processor) menunjukkan bahwa perwujudan dari sistem kontrol yang rumit dan memerlukan kecepatan yang tinggi semakin dapat direalisasikan. Pada makalah ini dicoba sebuah controller berbasis adaptive neuro fuzzy inference system (ANFIS). ANFIS yang dicoba pada makalah ini menggunakan 6 layer yang meliputi layer input, layer fuzzifikasi, layer rule, layer normalisasi, layer defuzzifikasi dan layer summation. Dari hasil simulasi pada thesis ini dapat ditunjukkan bahwa controller ANFIS memberikan respon pengendalian yang baik

Kata Kunci : Motor Induksi, Field Oriented Control, ANFIS

Comments are closed