PERHITUNGAN PEMBAYARAN SEWA TRANSMISI BERDASARKAN METODE MW-MILE UNTUK TRANSAKSI WHEELING PADA SISTEM JARINGAN TENAGA LISTRIK JAWA BALI

Penulis : Yudo Andrianto

Di seluruh dunia deregulasi sektor bisnis listrik berubah dari suatu yang terpusat dan terintegrasi menjadi suatu industri tersegmentasi berdasarkan kompetensi para pelaku bisnis tersebut. Bentuk perdagangan baru dengan akses bebas pada saluran transmisi telah mendorong suatu perdagangan kompetitif antar konsumen dan pemilik generator (Wheeling Transaction). Pada lingkungan tersebut, jaringan transmisi dianggap sebagai faktor pokok dalam pasar listrik.
Dalam Wheeling Transaction diperlukan suatu metode untuk menghitung sewa transmisi. Pada tugas akhir ini metode MWMile diperkenalkan untuk pembayaran sistem sewa transmisi tenaga listrik. Akhirnya, diambil sistem transmisi 500 KV Jawa-Bali sebagai studi kasus dalam tugas akhir ini.
Setelah melakukan pengujian dan analisis data pada pembayaran sewa transmisi berdasarkan metode MW-Mile untuk transaksi Wheeling pada sistem jaringan tenaga listrik Jawa-Bali ternyata metode tersebut bisa diharapkan untuk diaplikasikan sebagai salah satu alternatif dalam penentuan harga dari sewa transmisi oleh PLN.

Kaca kunci : Sewa Transmisi, Wheeling, MW-Mile, Newton-Raphson

Comments are closed