ANALISIS TRANSIEN DAN PENGGUNAAN PRE INSERTION INDUCTOR UNTUK MENGURANGI EFEK TRANSIEN CAPACITOR BANK SWITCHING DI PT HOLCIM INDONESIA,TBK PLANT CC#2 CILACAP

NAMA : Wahyu Riyadi

Beban industri pada umumnya menggunakan peralatan kontrol dan elektronika daya yang menggunakan bahan semikonduktor yang sangat sensitif terhadap fluktuatif tegangan. Sebagai kompensasi daya reaktif, pada industri biasanya menggunakan capacitor bank untuk meningkatkan power factor, menurunkan rugi-rugi dan meningkatkan kapasitas saluran. Tapi ternyata penggunaan capacitor bank ini juga menimbulkan permasalahan yang berkaitan dengan capacitor bank switching selama proses energizing .Selama proses energizing akan dihasilkan tegangan dan arus transien yang bisa berpotensi merusak peralatan kontrol, peralatan elektronika daya, peralatan switching dan capacitor bank itu sendiri.
Pada tugas akhir ini dilakukan analisis capacitor bank switching pada sistem kelistrikan PT HOLCIM INDONESIA,TBK PLANT CC#2 CILACAP dengan menggunakan MATLAB Simulink 7.0. Dari hasil simulasi menunjukkan bahwa capacitor bank switching menghasilkan transien untuk arus dan tegangan pada sistem. Pada sistem dihasilkan tegangan transien maksimum 1.35 pu. Pada tugas akhir ini juga dianalisis penggunaan pre insertion inductor untuk mengurangi efek transien yang dihasilkan oleh capacitor bank switching. Ternyata penggunaan pre insertion inductor sangat efektif menurunkan tegangan transien pada sistem hingga mencapai 1 pu dari tegangan nominal dan arus transien.

Kata kunci : capacitor bank switching, pre insertion inductor, tegangan lebih transien

Comments are closed